Ini Dia Kue Lebaran Jadul yang Perlu Kamu Tahu

img kue kembang goyang betawi

Franchise Cetroo Coffee – Hari Raya Idul Fitri hampir tiba, banyak pastinya yang tengah mempersiapkan pernak-pernik hari penting umat Islam ini, termasuk di antaranya mempersiapkan jajanan/kue lebaran.

Yups, kue lebaran, beberapa kue sekarang sudah bermacam macam variannya, mulai dari kue coklat, keju, susu dsb. Namun, tahu gak kalian jika kue-kue khas Indonesia ini pernah menjadi suguhan utama di ruang tamu ketika lebaran tiba. Barangkali ada yang masih ingat kue lebaran apa yang waktu kecil selalu ada di setiap meja tetangga yang pernah kalian kunjungi?

Sambil mengingat ingat kue tradisional favorit kalian, nih Admin mulai list satu per satu kira-kira kue “jadul” apa saja sih yang mulai hilang dari peredaran saat ini .. Oke ini dia:

Kue Lebaran Jadul yang Kini Tengah Tergantikan

1   Kue Mancho Malang

img kue mancho kue lebaran

Kue Mancho Wijen via kuemancho.blogspot.comKue ini terbuat dari ketan berbalut karamel dan wijen. Rasa manis yang renyah membuat kue kering ini menjadi kesukaan anak-anak dahulu. Dahulu kue ini masih mudah untuk ditemukan di toples-toples kaca saat lebaran tiba. Tapi saat ini kira-kira masih ada gak ya??

 

2. Sagon

img kue tradisional sagon
Kue Sagon via www.ikiwonosobomas.com

Sagon adalah salah satu jenis jajanan pasar yang terbuat dari tepung sagu. Sagu > Sagon, hampir mirip mirip ya namanya, hehe.. Jajanan pasar yang satu ini memang memiliki cita rasa yang khas.

Tapi beberapa tahun belakangan ini sepertinya makanan manis yang agak bikin seret ini sudah jarang dijumpai sebagai kue lebaran untuk disuguhkan ya.

 

3. Kue Satu

img kue kering satu

Kue Satu via www.kulinersehat.com

Kue Satu terbuat dari ketan yang telah di giling halus dan dicampur dengan gula merah halus, dinamai Kue Satu karena harus dicetak satu-persatu. Hehe.. Dikira bentuknya kayak angka satu gitu? Hehe

Mungkin karena efisiensi waktu juga, kue ini saat ini jarang kita temui menjadi jajanan lebaran.

 

4. Kue Unca alias Unthuk Cacing

img kue unca unthuk cacing
Unthuk Cacing via hirrrs.blogspot.co.id

Kue ini berbentuk seperti tanah bekas galian cacing, sehingga kue ini dinamai Unthuk Cacing. Terbuat dari ketan gula dan telur yang dicampur sedemikian rupa sehingga kue ini renyah dan enak, biasanya disajikan dengan teh hangat untuk cemilan di waktu senggang. Namun juga tak jarang kue ini nongkrong di meja tamu saat lebaran.

Nah, kalian pernah lihat kue kering ini ketika mampir-mampir saat lebaran gak?

 

5. Kembang Goyang

img kue kembang goyang betawi

Kue Kembang Goyang via www.bacaresepdulu.com

Kue Kembang Goyang adalah salah satu kue tradisional khas betawi. Nama Kembang Goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya dengan digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan.

Kue ini sangat renyah dan rasanya manis, biasanya disajikan di hari-hari penting, seperti pernikahan atau hajatan, dan lebaran. Nah, apa kue kering ini masih ada di tempat kalian?

 

6. Grubi

img grubi umbi tradisional

Grubi via eftedpk.blogspot.co.id

Kue Grubi adalah salah satu kue kering tradisional yang terbuat dari ubi rambat yang di serut halus dan gula jawa. Teksturnya sangat renyah, menyerupai kremes-kremes, sehingga banyak disukai anak-anak tempo dulu.

Meskipun kue ini masih bisa dijumpai saat bukan hari lebaran, misal di pusat oleh-oleh, pasar, atau di acara-acara tertentu, tapi ketika lebaran saat ini sepertinya kue ini jarang ditemui ya..
Nah, itulah beberapa kue lebaran yang posisinya perlahan digantikan oleh kue-kue modern. Di tempat kalian sendiri, masih adakah kue-kue legendaris di atas?

 

Mau buka usaha minuman siap jual? Bisnis waralaba saja. Hubungi:

Cetroo Coffee

– Telp/WA: 0877-0017-4488
– WA Only: http://bit.ly/GabungCetrooWeb
– BBM: D558603D
– WEB: www.cetroocoffee.com

 

sumber: www.hipwee.com

Ini Dia Kue Lebaran Jadul yang Perlu Kamu Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali ke Atas