Suka Boba? Coba Dulu 5 Jenis Topping Boba Ini Biar Lebih Afdol

varian boba bubble tea enak

Cetroo Coffee – Pernah minum bubble tea yang ada Bobanya? Bubbel tea adalah salah satu minuman populer yang berasal dari Taiwan. Minuman ini terbuat dari teh yang biasanya dikombinasikan dengan susu, gula aren, dan boba.

Boba adalah bola-bola kenyal yang terbuat dari tepung tapioka. Keistimewaan dari boba yaitu terletak pada teksturnya yang kenyal dan membal, yang memberi sensasi seperti sedang mengunyah permen karet.

Meski sebagian besar boba terbuat dari bahan yang sama, yaitu tepung tapioka, namun ternyata topping ini memiliki berbagai varian jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang berukuran kecil, ada yang warna-warni, ada juga yang berbentuk transparan.

Nah, jenis boba apa saja yang biasa digunakan untuk campuran bubble tea? Berikut Cetroo Coffee rangkum untuk kalian semua.

clear boba
Bubble Tea with Clear Boba | www.instagram.com/ahhmieeatsnsees

1. Clear boba

Boba berwarna bening ini terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk menjadi bola-bola seukuran mutiara. Karena tidak diberi tambahan perasa, jenis boba tersebut cenderung memiliki rasa yang hambar, sehingga seringkali dipadukan bersama bubble tea yang manis.

Black Boba | www.instagram.com/blackbobamilkteacafe

2. Black boba

Secara sederhana, black boba merupakan boba bening yang diberi campuran gula merah atau karamel. Campuran tersebutlah yang membuat black boba memiliki tampilan yang berwarna gelap. Dari segi rasa, karena diberi tambahan gula atau karamel, black boba cenderung memiliki rasa manis tergantung banyaknya campuran gula yang digunakan.

Flavored Boba | www.instagram.com/outlawmanny

3. Flavored boba

Sesuai dengan namanya, flavored boba adalah boba yang memiliki aneka rasa yang biasanya berasal dari sirup. Cita rasa dari sirup tambahan tersebut juga beragam, mulai dari rasa buah-buahan, hingga cita rasa eksotik seperti kelapa atau lidah buaya.

Biasanya, flavored boba sering digunakan dalam sajian smoothies atau jenis teh seduh klasik seperti teh hitam atau teh hijau. Selain itu, flavored boba juga seringkali digunakan sebagai topping pada sajian es krim atau frozen yogurt untuk menambah kesegaran.

mini boba di dalam roti
Mini Boba | www.instagram.com/bobu_au

4. Mini boba

Apabila kamu kurang suka dengan ukuran bola boba yang terlalu besar dan kerap ‘macet’ di dalam sedotan, mungkin mini boba bisa menjadi alternatifnya. Tidak cuma lebih mudah dinikmati menggunakan sedotan, memiliki ukuran yang lebih kecil juga membuat teksturnya tidak terlalu kenyal, sehingga lebih mudah dikunyah.

Selain itu, karena ukurannya yang lebih kecil, mini boba memerlukan waktu memasak yang lebih sedikit.

popping boba
Popping Boba | www.instagram.com/ts_style_coffee/

5. Popping boba

Bila jenis boba sebelumnya hanya berupa bola-bola kenyal, berbeda halnya dengan popping boba. Jenis boba ini diberi isian berbagai macam sirup, sehingga memberikan sensasi meledak saat berada di dalam mulut.

Karena bahan baku dan cara membuatnya yang tak sama dengan boba pada umumnya, tekstur dari popping boba juga tidaklah kenyal seperti jenis boba lainnya. Bahkan popping boba bisa mudah pecah di dalam mulut dan rasa dari isian akan langsung lumer.

header image: www.austinchronicle.com

Referensi: kumparan.com

Suka Boba? Coba Dulu 5 Jenis Topping Boba Ini Biar Lebih Afdol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali ke Atas