cara memilih biji kopi mentah terbaik

5 Tips dan Cara Memilih Biji Kopi Mentah Terbaik

Memutuskan untuk membeli biji kopi yang mana bisa menjadi tantangan bagi banyak peminum kopi. Ada berbagai macam merek kopi di pasar, begitu pula jenis kopi yang ada saat ini.

Maka dari itu, kami akan memberi tips sebelum Anda menentukan pilihan biji kopi. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memilih biji kopi terbaik:

1. Ketahui preferensi Anda

Ada dua jenis biji kopi yang saat ini dikenal luas di pasaran, yaitu Robusta dan Arabica. Mengetahui biji kopi apa yang Anda inginkan akan dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan. 

Kopi Arabika tumbuh di daerah dataran tinggi. Biasa dikenal karena rasanya yang sedikit asam dan lembut. Di sisi lain, Kopi Robusta tumbuh di daerah dataran rendah dan memiliki rasa pahit yang kuat. 

Meskipun Arabica dianggap memiliki tingkat yang lebih tinggi, namun kualitas kopi tetap dipengaruhi oleh proses pertumbuhannya dan perlakuan yang diterimanya sebelum pemanggangan. 

image source: www.coffeemakerslist.com

2. Pilih biji kopi berdasarkan selera pilihan Anda

Jika Anda lebih suka kopi yang memiliki rasa halus yang memiliki tingkat keasaman bervariasi, maka Anda bisa menggunakan biji kopi kering dan berwarna terang. Biji kopi yang dipanggang dalam waktu yang lebih singkat ketika diseduh cenderung tidak memiliki rasa pahit dan kadang meninggalkan rasa masam. 

Jika Anda lebih suka mengambil kopi yang memiliki rasa yang kuat, maka Anda bisa membeli biji kopi yang telah dipanggang untuk jangka waktu yang lebih lama. Biji kopi yang telah mengalami proses pemanggangan yan glama biasanya cenderung mengkilap, dan dengan warna gelap. Ketika diseduh, biji kopi ini menghasilkan rasa yang kuat dan pahit.

3. Tentukan berapa banyak kafein yang Anda inginkan dalam kopi Anda

level coffee bean roasting
image source: www.coffeemakerslist.com

Berlawanan dengan apa yang diyakini kebanyakan orang, biji kopi panggang yang gelap mengandung kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan biji kopi early roasted (sekilas dipanggang). 

Biji kopi early roasted memiliki tingkat kafein lebih tinggi. Sedangkan biji kopi yang digunakan untuk membuat Espresso biasanya di tingkat medium roasted (panggang sedang). 

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kafein yang lebih, maka Anda dapat mengonsumsi biji kopi yang early roasted atau medium roasted.

4. Pilih alat pemanggang kopi yang tepat

Menentukan alat pemanggang kopi yang tepat akan mempengaruhi hasil kopi Anda. Karena terkadang hasil dari tiap alat pemanggang bisa berbeda, misal tingkat kemerataan hasil panggangan, dan lainnya.

5. Selalu periksa tanggal panggang

tanggal kopi dipanggang
image source: www.pinterest.com/pin/723179652640992393/

Apabila Anda hendak membeli biji kopi yang dipasarkan setelah pemanggangan, penting untuk Anda perhatikan kapan biji kopi tersebut dipanggang. 

Memilih biji kopi terbaik membutuhkan perhatian pada detail dan pengetahuan yang baik tentang apa yang Anda inginkan.

Demikian Beberapa tips cara memilih biji kopi terbaik yang tepat.

referensi: https://www.coffeemakerslist.com
header image: https://www.roastycoffee.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali ke Atas